Berita

    Ketahui Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Menyimpan Setrum

    Aki basah tidak menyimpan setrum merupakan suatu kendala pada mobil yang harus ditangani segera dan secara tepat. Sebab, jika dibiarkan, maka sistem kelistrikan mobil Anda tidak akan bisa bekerja atau mengalami masalah. 

    Mengetahui hal tersebut, maka solusinya adalah menerapkan cara-cara memperbaiki aki yang basah tersebut. Apakah Anda belum mengetahui tentang hal ini? Maka keputusan terbaik adalah tidak melewatkan informasi berikut!

    Cara Memperbaiki Aki Basah Tidak Menyimpan Setrum

    Untuk melakukan perbaikan aki dalam kondisi basah dan tidak dapat menyimpan setrum, maka yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan alat, mengeluarkan aki, membuangnya, dan langkah-langkah selengkapnya yang bisa diketahui lewat poin-poin berikut:

    • Mempersiapkan Peralatan

    Langkah pertama perbaikan untuk aki basah yang tidak mampu menyimpan setrum adalah dengan mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Ini adalah daftar lengkapnya:

    1. Sarung tangan karet 
    2. Pisau tajam
    3. Injektor tinta atau pipet
    4. USP magnesium sulphate
    5. Pengisi daya baterai atau battery charger
    6. Air aki
    • Mengeluarkan Aki Basah

    Apabila seluruh peralatan sudah dipersiapkan, maka mulailah perbaikan aki basah tidak menyimpan setrum dengan mengeluarkannya. Jadi, bukalah kap mesin, lalu angkatlah aki basah yang bermasalah tersebut.

    Anda wajib mengenakan sarung tangan karet sebagai safety dan memastikan proses pelepasannya tidak sembarangan. Jadi, usahakan untuk mengangkat aki dalam kondisi yang konsisten stabil.

    Jangan mengguncang aki tersebut dan segeralah meletakkannya di tempat kering dan datar. Lalu, bukalah penutup aki. Apabila aki masih tersegel, maka bukalah segel itu dari tepian menggunakan pisau yang tajam.

    Setelah terbuka, maka Anda dapat mengecek sel-sel milik aki basah. Nah, kini Anda saatnya membuka penutup sejumlah sel tersebut lalu buanglah air yang terdapat di dalam aki. 

    • Membuang Air Aki

    Saat membuang aki basah tidak menyimpan setrum, Anda dilarang asal-asalan menuangkannya. Dihimbau keras menggunakan injektor atau pipet yang sudah Anda persiapkan. 

    Jadi, mulailah menancapkan pipet pada sel aki yang basah. Anda harus menyisakan air di dalam aki sekitar 30% sampai 40%. Anda bisa memindahkan air aki di pipet ke wadah kaca supaya lingkungan sekitar tetap aman.