Berita

    Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Apabila Anda merasakan mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan, hal ini jangan sampai dibiarkan begitu saja. Sebab, ini bisa menunjukkan tanda masalah pada komponen mobil yang lebih serius.

    AC mobil berperan untuk mengontrol temperatur atau suhu ruang di dalam kabin mobil agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Namun jika ini menimbulkan mesin mobil menjadi bergetar, maka ketahui apa penyebab masalahnya!

    Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Jika mesin mobil terasa bergetar setelah AC dinyalakan, maka perlu perhatikan apa saja penyebab yang memicu getarannya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada bagian komponen mobil yang mungkin bermasalah.

    • Bearing AC Rusak

    Bearing AC mobil berfungsi sebagai penahan cairan pendingin agar tidak keluar dari kompresor. Bearing AC yang rusak membuat putaran kompresor pada mesin AC menjadi tersendat hingga menimbulkan gejala getaran.

    Kerusakan pada bearing AC tentunya ada beberapa faktor, seperti usia pemakaian yang sudah lama. Maka dari itu, jika komponen tersebut sudah muncul gejala rusak, sebaiknya ganti dengan komponen terbaru.

    • Masalah pada Sistem Idle Up

    Gejala lain dari getaran pada mesin mobil saat AC dihidupkan bisa menjadi pertanda permasalahan pada sistem idle up. Biasanya ini bisa terjadi saat RPM terlalu rendah dan ketika AC dimatikan mesin tidak bergetar lagi.

    Sistem idle up AC yang bermasalah ini bisa mengakibatkan kabin mobil menjadi tidak dingin. Hal ini yang menyebabkan ruang kabin terasa panas dan pengap. 

    Selain itu, masalah ini juga bisa membuat kinerja mesin mobil menjadi lebih berat dan kurang maksimal.

    Penyebab lainnya juga bisa menunjukkan kompresor AC gampang hidup dan mati berulang-ulang. Jika sudah seperti ini, maka perlu cepat diatasi dengan melakukan pengecekan sistem sensor dan aktuator, kemudian melakukan penggantian komponen.

    • Sistem AC Mobil Tersumbat

    Penyebab lain dari mesin mobil bergetar bisa jadi karena sistem pendingin udara pada mobil buntu. Penyebab utamanya bisa terjadi karena frosting pada komponen saluran AC mobil.

    Seperti yang diketahui, masalah frosting bisa membuat aliran menjadi terhambat sehingga mobil tidak dapat memberikan suhu dingin yang tepat. Saluran mobil yang terhambat ini bisa membuat mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan.