Berita

    Tips Tetap Fokus saat Berkendara dengan Anak

    Saat libur tiba biasanya diisi dengan acara bepergian bersama keluarga. Selain menyediakan berbagai keperluan selama berlibur, Anda pun wajib untuk menjaga kenyamanan serta keselamatan saat berkendara dengan anak. 

    Pasalnya, ada banyak sekali tantangan yang akan dihadapi selama berkendara, misalnya saja anak menangis, minta keluar dari mobil, dan lain sebagainya. Semua itu bisa membuat Anda kehilangan fokus saat mengemudi.  

    Lalu, bagaimana cara yang ampuh agar tetap bisa fokus selama berkendara tanpa mengurangi kenyamanan buah hati Anda? Berikut informasinya. 

    Kiat Menjaga Konsentrasi saat Berkendara dengan Anak

    Ada beberapa faktor khusus yang harus diperhatikan agar anak tidak rewel sehingga Anda bisa tetap fokus mengemudi. Berikut faktor khusus yang harus diperhatikan agar perjalanan tidak terganggu:

    • Cek Kendaraan

    Tips yang pertama adalah mengecek kendaraan dan memastikan kondisinya prima sebelum digunakan untuk berkendara bersama anak dan keluarga. 

    Pastikan bahwa semua elemen penting seperti aki, rem, kopling, gas dan lainnya bekerja secara optimal. Bila perlu, kunjungi bengkel resmi terdekat untuk servis rutin sebelum melakukan perjalanan. 

    • Gunakan Sabuk Pengaman

    Jangan meremehkan keberadaan sabuk pengaman apalagi dipasang hanya ketika ada polisi agar tidak ditilang. Sebab, sabuk pengaman ini sangat penting untuk menjaga keselamatan pengendara. 

    Jika digunakan dengan benar, maka Anda akan terhindar dari risiko terpental sampai keluar mobil atau terbentur saat terjadi kecelakaan. 

    • Siapkan Car Seat untuk Balita

    Jika Anda memiliki anak usia balita sebaiknya pasanglah car seat yang sesuai dengan usia serta berat badannya. Hindari kebiasaan memangku atau membiarkan mereka duduk tanpa menggunakan sabuk pengaman yang sesuai. 

    Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa membuat mereka terlempar atau terbentur ketika Anda tiba-tiba melakukan pengereman secara mendadak. 

    car seat anakFreepik.com

    • Membawa Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan

    Tips berikutnya yang perlu diperhatikan ketika berkendara dengan anak adalah memastikan telah membawa semua perlengkapan penting yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya saja, tisu basah, tisu kering, makanan ringan, dan air putih. 

    Selain itu, siapkan pula obat-obatan dasar seperti obat penurun panas, antiseptik, obat anti alergi, obat anti mabuk perjalanan, dan obat lainnya yang mungkin akan dibutuhkan. 

    Jangan lupa bawa pula mainan atau alat hiburan yang bisa membuat anak-anak tetap tenang dan tidak cepat bosan selama perjalanan. 

    Satu lagi, siapkan kantong plastik yang bisa digunakan untuk menampung sampah di dalam mobil atau sebagai wadah jika sewaktu-waktu ada yang merasa mual dan ingin muntah. 

    • Kunci Semua Pintu dan Jendela Mobil

    Sebagian besar anak kecil memiliki rasa penasaran yang tinggi dan ingin mencoba berbagai hal baru tanpa menyadari apakah yang dilakukannya berbahaya atau tidak. 

    Misalnya, secara tiba-tiba menarik tuas pintu/jendela atau mengeluarkan anggota tubuh dari jendela pada saat mobil masih melaju. Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya gunakan central lock untuk mengamankan pintu dan jendela. 

    Selain untuk menghindari aksi buka/tutup dari si kecil, cara ini juga akan membuat Anda terhindar dari aksi motif pencurian yang terjadi di pintu keluar parkir atau saat terjadi kemacetan. 

    Cara yang biasa dilakukan oleh pencuri tersebut adalah mengambil barang dengan membuka pintu kendaraan yang tidak terkunci atau mengambilnya melalui jendela yang terbuka lebar lalu kabur.  

    • Jangan Memangku Anak saat Mengemudi

    Kondisi ini biasanya terjadi pada anak balita yang ingin ikut memutar kemudi ketika mobil sedang melaju. 

    Kebiasaan ini harus dibuang jauh-jauh karena bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Pasalnya, fokus Anda akan terpecah antara mengemudi dengan memegang anak yang berada di pangkuan. 

    Itulah seputar tips agar tetap bisa fokus selama mengemudi saat melakukan perjalanan bersama anak dan keluarga. Intinya, pastikan semua kebutuhan anak telah tersedia secara lengkap dan kondisi kendaraan juga prima.