Berita

    Ketahui Tips Mengemudi Aman dan Nyaman di Underpass

    Mengemudi di underpass memiliki aturan, dalam artian para pemakai jalan ini dilarang mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan. Underpass merupakan jalan atau terowongan yang dibuat di bawah tanah. Biasanya di atasnya berupa jalanan atau lintasan kereta api. 

    Bagaimana caranya agar Anda tetap merasa aman dan nyaman saat berkendara di underpass? Ikutilah tips yang sudah kami rangkum berikut!

    Tips Mengemudi di Underpass, Agar Lebih Lancar!

    Anda harus hati-hati jika melintasi underpass! Ada baiknya Anda mengetahui dan mengikuti tips-tips di bawah ini:

    • Tetap Waspada dan Fokus

    Apabila memutuskan untuk melintas di jalanan underpass, sebaiknya Anda tetap menjaga fokus dan meningkatkan fokus. Karena kondisi penerangan pada terowongan akan menurun. Selain itu, luas jalannya juga berbeda dari jalan biasa.

    Apalagi jika underpass memiliki rute yang berkelok-kelok, maka Anda harus lebih siaga. Jangan sampai lengah dan menimbulkan permasalahan bagi diri sendiri atau pengemudi lainnya.

    • Mengatur Kecepatan Mobil

    Untuk setiap underpass yang ada, saat akan memasuki terowongannya akan Anda dapati informasi penting. Isinya biasa berupa panjang rute dan kecepatan maksimal yang diperbolehkan saat melintas di situ.

    Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini. Ikutilah standar atau ketentuan batas maksimal laju kendaraan. Jangan sampai Anda kebut-kebutan di dalam rute underpass

    Jika Anda ngebut bisa saja tabrakan dengan kendaraan lain, atau menabrak tembok beton penyusun underpass.

    • Tidak Menghentikan Mobil

    Saat mengemudi di underpass, Anda harus terus-terusan melaju dan tidak menghentikan mobil Anda. Karena kondisi jalanan underpass cenderung minim penerangan, pastikan hanya berhenti jika keadaan sangat darurat.

    Sementara itu lebar bahu jalan di dalam underpass juga relatif sempit. Jika Anda berhenti, hanya akan menimbulkan kemacetan atau resiko kecelakaan. Apabila Anda sangat terpaksa harus menghentikan mobil, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard.

    • Tidak Menyalip Mobil Lain

    Tips agar selalu aman saat mengemudi di underpass adalah tidak mendahului mobil lainnya. Sebab sebagaimana sudah disebutkan di atas, lebar bahu jalannya terbatas. Tidak memungkinkan untuk kendaraan saling mendahului.