Berita

    Kenali Berbagai Macam Fungsi Talang Air Mobil

    Talang air mobil disebut juga sebagai door visor yang merupakan salah satu komponen penting dalam mobil, tidak hanya sekedar aksesoris tapi juga berfungsi untuk hal lain. 

    Fungsi door visor cukup beragam salah satunya untuk melindungi Anda dari air hujan, dan mengurangi suara bising saat berkendara di kondisi jalanan yang ramai. 

    Walaupun mempunyai fungsi penting, banyak pengendara mobil yang belum tahu mengenai fungsinya. Sebagian besar pemilik mobil mengira talang mobil hanya sebagai aksesoris untuk menambah tampilan mobil.

    Fungsi Talang Air Mobil yang Belum Banyak Diketahui

    Komponen mobil satu ini terletak di bagian atas jendela dan pada umumnya berwarna hitam. Jika, dilihat secara tampilan door visor memiliki bentuk yang sederhana namun Anda harus menjaga kondisinya. 

    Apabila rusak akan menimbulkan masalah lain yang dapat mempengaruhi performa dan kenyamanan Anda saat berkendara. Supaya lebih tahu tentang fungsi door visor Anda menyimak pembahasan berikut. 

            1. Meminimalisir Embun pada Kaca Jendela Mobil

    Fungsi yang pertama adalah untuk meminimalisir munculnya embun di bagian kaca jendela samping dan kaca depan. Dengan begitu, embun yang berisiko mengurangi jarak pandang Anda akan berkurang. 

            2. Melindungi Penumpang dari Air Hujan 

    Fungsi utama talang air mobil yang tidak banyak orang tahu, yaitu berguna untuk melindungi penumpang dari air hujan. Bagaimana bisa benda yang terlihat sederhana tersebut melindungi Anda dari air hujan? 

    Komponen mobil satu ini memang tidak melindungi penumpang dari guyuran air hujan secara langsung. Tapi berfungsi untuk mencegah air masuk atau merembes ke dalam mobil melalui celah-celah jendela. 

    Itulah mengapa door visor didesain dengan bentuk melengkung dan dipasang di bagian atas kaca mobil karena bertujuan untuk mencegah air hujan masuk. Bentuknya yang melengkung juga mempermudah air hujan mengalir sehingga tidak sampai merembes ke dalam. 

            3. Mengurangi Suara Bising dari Luar Mobil

    Tidak hanya berguna untuk mengurangi embun dan mencegah air hujan masuk ke dalam mobil, door visor juga berfungsi untuk mengurangi suara bising dari luar mobil. 

    Pasti Anda sering dipusingkan dengan suara klakson dan riuhnya perkotaan saat macet. Dengan adanya door visor suara-suara tersebut bisa diminimalisir agar pengendara dan penumpang merasa nyaman.