Berita

    Mengenal Teknik Defensif Driving

    Sebagai pengemudi mobil, Anda sebaiknya memahami berbagai jenis teknik dalam berkendara. Salah satunya adalah teknik defensive driving yang cukup populer dan bisa meningkatkan keamanan Anda di jalan. 

    Gaya mengemudi ini mungkin terdengar sederhana namun sebenarnya membutuhkan strategi yang tepat. Selain itu Anda juga harus memahami beberapa poin penting agar bisa menerapkan teknik mengemudi ini secara langsung. 

    Apa Itu Defensive Driving?

    Gaya mengemudi defensif merupakan kegiatan berkendara yang berfokus pada sisi proaktif dari pengendara. Dalam teknik mengemudi ini pengendara harus mampu berpikir panjang dan memikirkan segala jenis kemungkinan. 

    Teknik mengemudi ini dilakukan dengan tujuan meminimalkan potensi kecelakaan yang bisa saja terjadi di masa depan. Hampir mirip dengan konsep mengemudi safety driving

    Berbeda dengan aggressive driving, pengemudi yang menggunakan teknik defensif ini akan selalu berhati-hati. Mereka lebih memilih untuk selalu berhati-hati dan berpikir keras untuk mencegah segala kemungkinan bahaya. 

    Teknik mengemudi defensif juga umumnya banyak diterapkan oleh para pengemudi pemula. Mereka yang masih belum punya banyak pengalaman mengemudi di jalan akan jauh lebih aman menggunakan teknik seperti ini. 

     

    mengemudi

    Keuntungan

    Teknik mengemudi defensif ini ternyata memiliki beberapa keuntungan bagi pengemudi. Tidak heran jika banyak orang yang mempelajari teknik tersebut. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan:

    • Lebih Aman

    Sudah pasti gaya mengemudi seperti ini akan jauh lebih aman, baik untuk pengemudi maupun penumpang di dalam mobil. Di sini pengemudi akan berusaha memahami semua teori berkendara dengan baik dan menerapkannya. 

    Bisa dikatakan bahwa pengemudi dengan gaya defensif akan berusaha untuk menguasai semua aturan. Selain itu mereka juga akan belajar apa saja ancaman bahaya yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mengantisipasinya. 

    Semua ini akan membantu meminimalkan risiko kecelakaan yang mungkin terjadi. Dari sini bisa disimpulkan bahwa teknik berkendara semacam ini bisa meningkatkan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang. 

    • Memberi Kenyamanan

    Teknik defensive driving juga akan memberikan kenyamanan tersendiri selama berkendara. Rasa nyaman inilah yang bisa membuat pengemudi maupun penumpang jadi lebih tenang selama di perjalanan. 

    Lain halnya jika Anda mengemudi secara sembarangan dan agresif. Pasti rasanya akan jauh lebih cemas dan sulit untuk merasa nyaman selama di dalam mobil. 

    Pengemudi yang menerapkan gaya berkendara defensif biasanya akan sangat berhati-hati dalam mengendalikan mobilnya. Mereka akan menginjak gas sesuai kebutuhan dan tidak terburu-buru saat mengemudi. 

    Tidak hanya pengemudi dan penumpang saja yang akan merasa nyaman. Lebih dari itu, pengguna jalan yang lain juga pasti akan merasa lebih nyaman saat berkendara di antara mobil-mobil yang defensif. 

    • Jauh Lebih Hemat

    Keuntungan lain yang bisa dirasakan jika Anda menerapkan gaya mengemudi ini adalah bisa jauh lebih hemat. Mereka yang terbiasa mengemudi defensif merasakan bahwa konsumsi bahan bakar pada mobil jadi jauh lebih hemat. 

    Pengendara yang menggunakan teknik ini tidak mengemudi secara asal-asalan. Mereka juga tidak akan memakai banyak rem. Selain itu mereka lebih banyak mengemudi dengan halus tanpa tarikan gas yang ugal-ugalan. 

    Cara mengemudi seperti ini ternyata juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Mobil jadi lebih hemat bahan bakar dan ini akan menguntungkan Anda apalagi jika sering bepergian menggunakan mobil saat beraktivitas.