Berita

    Kelebihan dan Cara Menggunakan Cruise Control Pada Mobil

    Pernah mendengar istilah cruise control pada mobil? Komponen yang juga kerap dikenal dengan sebutan speed control ini merupakan suatu bukti perkembangan teknologi di dunia otomotif.

    Ingin tahu penjelasan mengenai komponen ini dan bagaimana cara menggunakannya? Simak artikel ini hingga selesai, karena kami akan menjelaskan semua informasinya kepada Anda.

    Penjelasan Tentang Apa Itu Cruise Control

    Fitur cruise control ini akan memberi kenyamanan ekstra untuk Anda yang suka berkendara ratusan kilometer jauhnya. cruise control berfungsi untuk mengatasi kaki yang pegal akibat terus menerus menekan pedal gas.

    Cruise control adalah sebuah fitur untuk mengatur kecepatan mesin agar tetap stabil tanpa harus menggunakan pijakan pedal gas. Fungsinya juga dapat membantu mobil agar tetap bergerak dalam kecepatan stabil tanpa harus selalu menginjak pedal gas.

    Cara Menggunakan Cruise Control

    Fitur cruise control ini sudah terdapat pada mobil-mobil keluaran terbaru. Akan tetapi, untuk bisa memanfaatkannya, Anda juga harus tahu bagaimana cara menggunakannya.

    Pada dasarnya, untuk mengaktifkan fitur ini tidaklah sulit. Pertama-tama Anda harus memacu mobil sesuai kecepatan yang Anda inginkan, contohnya 60 km per jam. Lalu tekan tombol fitur cruise control pada mobil dan fitur pun akan aktif.

    Setelah fitur ini aktif, mobil yang Anda kendarai akan berjalan secara stabil di kecepatan 60 km/jam, atau sesuai kecepatan yang Anda inginkan. Selain itu, mobil juga akan mempertahankan kecepatan dengan sendirinya tanpa harus menekan pedal gas.

    Fakta Tentang cruise control yang Harus Anda Ketahui

    Pemilik mobil yang sudah punya fitur cruise control ini wajib tahu fakta-fakta tentang fitur yang satu ini. Tujuannya agar tahu secara mendalam tentang fungsi-fungsinya. Berikut apa saja fakta-faktanya.

    • Beberapa perusahaan ada yang membatasi kecepatan cruise control minimal 40 km/jam. Jika mencoba mengaktifkannya di bawah kecepatan minimum dari pabrikan, maka fitur ini tidak akan aktif.
    • Fitur cruise control akan berjalan secara efektif di jalan bebas hambatan atau jalan tol.  
    • Mobil dengan fitur cruise control biasanya sudah dilengkapi juga dengan sensor teknologi laser. Fungsi sensor ini yaitu untuk mendeteksi jarak mobil lain dengan mobil yang dikendarai.
    • Mobil yang memiliki fitur sensor laser akan mengerem secara otomatis jika mobil terlalu dekat dengan kendaraan lain di depannya. Fitur ini juga memungkinkan pengendara agar bisa bersiap-siap untuk berhenti.
    • Ketika sensor laser pendeteksi jarak yang terlalu jauh dengan kendaraan lain di depannya, maka kecepatannya akan bertambah.

    Kelebihan Fitur cruise control Pada Mobil