Berita

    Memahami Lebih Dalam Mengenai Kaki-Kaki Mobil

    Komponen kaki-kaki mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi penting dalam mendukung performa dari mobil itu sendiri. Dikatakan demikian karena apabila fungsi dari komponen tersebut terganggu, mobil juga tidak bisa berfungsi secara maksimal.

    Artikel ini akan mencoba membahas mengenai komponen kaki-kaki pada mobil. Simak juga untuk bisa mengetahui tanda-tanda apa saja yang umumnya ditunjukkan jika komponen penting tersebut perlu perbaikan.

    Mengenal Kaki-Kaki Mobil dan Perannya Mewujudkan Kenyamanan Berkendara

    Seluruh komponen pada mobil tentu memiliki fungsi penting yang berperan dalam berfungsinya mobil dengan lebih sempurna, tidak terkecuali kaki-kaki pada mobil.

    Sistem komponen ini terdiri dari beberapa bagian yang apabila salah satunya terdapat kerusakan, maka fungsinya tidak dapat berjalan dengan baik seperti roda, ban, sistem rem, suspensi, per, velg, bearing, ball joint, dsb.

    Keseluruhan bagian dari komponen kaki-kaki pada mobil tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Berikut ini penjelasannya:

    • Sistem Kaki-Kaki pada Mobil dalam Menopang Beban pada Mobil

    Salah satu fungsi dari komponen kaki-kaki pada mobil ialah untuk menopang beban pada kendaraan. 

    Tentunya hal ini berkaitan dengan kenyamanan berkendara karena jika komponen suspensi pada sistem kaki-kaki pada mobil tidak berfungsi sempurna dalam menopang berat, beban-beban pada mobil tersebut bisa saja langsung mengenai roda.

    Dampak buruknya, roda mobil tersebut bisa membuat perjalanan menjadi tidak nyaman dan terganggu.

    • Sistem Kaki-Kaki pada Mobil dalam Mengendalikan Laju Pergerakan Mobil

    Tidak hanya berperan dalam membuat kenyamanan, sistem kaki-kaki pada mobil juga berusaha menjaga keamanan selama berkendara. Hal ini dibuktikan dari fungsi komponen ini yang bisa mengendalikan laju pergerakan mobil.

    Bagian dari sistem kaki-kaki pada mobil yang berperan dalam menjalankan fungsi ini, yaitu sistem pengereman. Tidak hanya kemudi saja yang mengatur pergerakan mobil, namun sistem pengereman juga penting dalam mengatur laju dan berhentinya.

    • Sistem Kaki-Kaki pada Mobil dalam Menjaga Stabilitas Kendaraan

    Suspensi sebagai bagian dari komponen kaki-kaki pada mobil juga berperan dalam menjaga kendaraan tetap stabil, termasuk ketika mobil melewati jalanan yang medannya tidak beraturan. 

    Dengan adanya suspensi, Anda jadi bisa merasakan getaran dengan lebih minim. Tentunya, mobil menjadi lebih stabil.

    Tanda-Tanda Kaki-Kaki Mobil Bermasalah dan Butuh Diperbaiki

    Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem kaki-kaki pada mobil sangat berperan dalam kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa komponen tersebut berfungsi secara maksimal. Apabila ditemukan kerusakan, Anda perlu segera memperbaikinya.

    tanda-tanda kerusakan kaki kaki mobilPexels.com

    Berikut ini beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa kaki-kaki pada mobil butuh perbaikan:

    • Terdengar Suara Dengung

    Apabila Anda mendengar suara dengung yang berasal dari bearing, hal ini bisa menjadi pertanda komponen kaki-kaki pada mobil mengalami masalah dan harus diperbaiki.

    • Ban yang Aus

    Kondisi ban yang aus juga bisa menjadi pertanda terdapat masalah di komponen kaki-kaki pada mobil. Segera bawa mobil ke bengkel untuk melakukan penggantian ban agar bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman

    • Keretakan Velg

    Hal berikutnya yang menandakan kaki-kaki pada mobil bermasalah, ialah terdapatnya keretakan pada velg. Agar mobil bisa kembali digunakan, segera lakukan penggantian velg di bengkel terpercaya.

    • Berubahnya Arah Roda

    Tanda berikutnya yang menunjukkan kaki-kaki pada mobil bermasalah, ialah terjadi perubahan pada arah roda.

    Tentunya hal ini akan sangat membahayakan apabila roda berubah arah saat mobil digunakan. Segera kunjungi bengkel dan lakukan konsultasi terkait permasalahan ini.

    Demikian pembahasan tentang komponen kaki-kaki mobil. Apabila Anda menemukan kejanggalan, malfungsi, atau pertanda aneh seperti di atas, segeralah untuk mengunjungi bengkel untuk melakukan servis!