Berita

    Kenali Arti Plat Putih Pada Mobil

    Apakah Anda mengetahui arti plat putih mobil? Atau mungkin mobil Anda sendiri sudah memiliki warna plat putih. Jadi, berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021, di tahun 2021 lalu tepatnya pada tanggal 5 Mei 2021. Telah diteken peraturan baru oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo tentang perubahan warna plat pada kendaraan dari warna dasar hitam menjadi putih.

    Dan peraturan ini harus diikuti oleh seluruh pemilik kendaraan bermotor mulai dari kendaraan bermotor milik perseorangan, milik badan hukum, milik PNA maupun milik Badan Internasional. 

    Arti Plat Putih Mobil dan Alasan Digantinya Warna Plat 

    Selain karena peraturan Undang-Undang, arti plat putih mobil dan motor memiliki alasan agar dapat meningkatkan efektifitas penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau sebuah sistem yang melakukan penilangan akibat adanya pelanggaran kendaraan di jalan dengan bantuan kamera. 

    Hal ini karena kamera yang digunakan untuk ETLE masih sering salah membaca nomor plat kendaraan. Misalnya angka 5 terbaca sebagai huruf S, angka 1 terbaca sebagai huruf I, atau huruf Z yang terbaca sebagai angka 2. Kasus salah baca ini bisa juga terjadi sebaliknya. 

    Banyaknya kesalahan keterbacaan yang dilakukan kamera e-tilang ini disebabkan karena sifat kamera yang gampang menyerap warna hitam sehingga tulisan yang ada di atas plat berwarna hitam menjadi tidak jelas dan kabur. 

    Penggunaan warna putih pada plat nomor mobil dan motor ini bukan pertama kalinya di dunia. Sebab, sebelumnya juga sudah dilakukan oleh beberapa negara, seperti Malaysia, Jerman, dan Amerika Serikat.

    Bagi Anda yang masih memiliki plat nomor warna hitam dan ingin menggantinya menjadi warna putih, Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada perubahan biaya dalam proses pergantiannya. Dan ukuran, tebal, serta bahan utama plat juga tetap sama.

    Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Plat Putih Mobil?

    Untuk penggantian plat mobil atau motor menjadi warna putih ini bisa dilakukan pada beberapa waktu tertentu, seperti di bawah ini:

    • Saat Anda membeli kendaraan baru.
    • Saat masa berlaku Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)/plat sudah habis.
    • Saat ingin memperpanjang STNK. 
    • Saat adanya perubahan pemilik kendaraan (balik nama kendaraan).  

    Perbedaan Warna Plat Mobil

    Selain mengetahui arti plat putih mobil dan motor, ternyata di Indonesia ada beberapa warna plat untuk kendaraan bermotor. Dan masing-masing warna memiliki arti tersendiri.