Berita

    Ketahui Cara Menghemat BBM Pada Mobil.

    Setiap pengguna kendaraan tentu tidak ingin boros dalam menggunakan bahan bakar. Terutama pada mobil yang kebutuhan bensinnya lebih banyak. Mencari bagaimana caranya agar  menghemat BBM menjadi solusi supaya budget bensin tidak membengkak. 

    Cara sederhana menghemat bensin yaitu mengurangi pemakaian mobil. Namun hal tersebut tidak mudah dilakukan jika aktivitas sedang padat. Sehingga membutuhkan mobil untuk transportasi atau mengangkut barang.

    Cara Menghemat BBM Pada Mobil

    Sebenarnya ada banyak trik yang bisa Anda lakukan agar mobil tidak boros bensin. Kuncinya ada pada perubahan kebiasaan dan gaya berkendara. Hal-hal sederhana di bawah ini bisa membantu Anda menghemat lebih banyak BBM. Berikut ini cara-caranya:

    • Hindari Mengemudi Saat Jam Sibuk

    Mobil yang berhenti dengan kondisi mesin masih menyala saat jalanan macet, tetap  mengkonsumsi  BBM. Sehingga membuat pemakain bensin lebih boros. Apalagi jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama, hingga berjam-jam. 

    Karena itulah sebaiknya hindari jalanan padat saat masuk jam-jam sibuk. Biasanya jam berangkat dan pulang kerja jadi waktu  paling padat kendaraan. Sebelum mengendarai mobil, cek dulu situasi jalan melalui maps dan cari jalur yang lebih longgar.

    • Gunakan BBM yang Sesuai

    Apabila Anda menggunakan BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil, maka akan mempengaruhi performa mesin. Mesin mobil bisa mengalami knocking yang membuat penggunaan BBM jadi tidak efisien. 

    Maka mulai sekarang gunakan BBM berkualitas dengan nilai oktan yang tinggi. Jangan memilih bensin yang tidak sesuai hanya karena harganya terjangkau. 

    • Hindari Pengereman dan Akselerasi Mendadak

    Gaya mengemudi juga bisa mempengaruhi penggunaan bensin untuk kendaraan. Jika Anda ingin menghemat BBM, maka hindari pengereman dan akselerasi yang mendadak. 

    Karena hal tersebut bisa membuat suplai bensin ke ruang bakar jadi lebih banyak, sehingga konsumsi BBM menjadi boros. Oleh karena itu pastikan Anda mengendarai mobil dengan kecepatan konstan. Serta melakukan akselerasi secara bertahap. 

    • Atur Penggunaan AC

    Mengatur penggunaan AC dengan bijak, karena pemakaian mesin pendingin juga berpengaruh pada konsumsi BBM. Lebih baik atur AC pada temperatur sedang. 

    Apabila Anda sedang berada di wilayah yang lebih dingin atau di dataran yang lebih tinggi, Anda bisa membuka kaca mobil. Kemudian biarkan udara sejuk masuk ke dalam kabin mobil. 

    • Membatasi Beban Barang Mobil